Senin, 22 Februari 2010

Pemanfaatan Teknologi Pendidikan

Pemanfaatan teknologi informasi diperuntukkan bagi peningkatan kinerja lembaga pendidikan dalam upayanya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Guru dan pengurus sekolah tidak lagi disibukkan oleh pekerjaan-pekerjaan operasional, yang sesungguhnya dapat digantikan oleh komputer. Dengan demikian dapat memberikan keuntungan dalam efisien waktu dan tenaga.
Penghematan waktu dan kecepatan penyajian informasi akibat penerapan teknologi informasi tersebut akan memberikan kesempatan kepada guru dan pengurus sekolah untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan pembinaan kepada siswa. Dengan demikian siswa akan merasa lebih dimanusiakan dalam upaya mengembangkan kepribadian dan pengetahuannya.
Pengguanaan teknologi telah berjalan lama sesuai perkembangan dan aspeknya. Eric Hasby membagi revolusi dalam pendidikan menjadi 4, yaitu: Pertama, saat masyarakat mendiferensiasikan peranan orang dewasa, Kedua, digunakannya tulisan sebagai sarana pendidikan, Ketiga, ditemukannya mesin cetak dan Keempat, penggunaan teknologi canggih sebagai perkembangan bidang elektronik. Dari apa yang dialami ternyata bahwa terdapat hubungan timbal balik antara teknologi dan pendidikan, hal ini lebih terkhusus lagi dengan teknologi komunikasi.
Kecenderungan pendidikan yang dikaitkan dengan perkembangan teknologi komunikasi dikemukakan Miarso dan Iskandar (1974) sebagai berikut :
a. Kecenderungan pendidikan sepanjang jaga
b. Pendidikan gerak cepat tetapi tepat
c. Pendidikan yang mudah dicerna dan diresapi
d. Pendidikan yang memikat hati
e. Penyebaran pusat pendidikan
f. Pendidikan mustari (tepat pada saat penyampaiannya)
g. Pendidikan yang murah

Kegunaan teknologi dalam pendidikan dinyatakan Komisi Instruksional AS, sebagai berikut :
a. meningkatkan produktivitas pendidikan
b. memungkinkan pendidikan individual
c. memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pengajaran
d. lebih memantapkan pengajaran
e. memungkinkan belajar seketika
f. memungkinkan penyajian pendidikan lebih luias dan merata


Manfaat positif dari teknologi penidikan :
- Meningkatkan produktivitas pendidikan
- Memungkinkan pendidikan individual
- Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pengajaran
- Lebih memantapkan pengajaran
- Memungkinkan belajar seketika
- Memungkinkan penyajian pendidikan lebih luas dan merata
- Meningkatkan motivasi siswa
- Digital portofolio efektif dan efisien
- Menambah wawasan dan cakrawala berfikir
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan
- Menjadi alat ukur konsep pembelajaran yang kita lakukan dengan sekolah lain
Atau negara lain

Dampak negative dari teknologi pendidikan :
- Adanya pembajakan karya inelektual
- Adanya ancaman virus
- Penyebaran situs-situs yang tidak sesuai dengan moral
- Kurangnya interaksi antara guru dengan siswa atau bahkan siswa-siswa itu sendiri
- Berubahnya peran guru dari semula menguasai teknik pembelajaran konvensional kini juga dituntut mengetahui eknik pembelajaran yang menggunakan ICT.

Agar penggunaan teknologi dalam pendidikan tepat sasaran, maka pengelola pendidikan harus mengetahui klasifikasi teknologi dalam pendidikan, di antaranya : teknologi tingkat rendah, media audiovisual, format komputer, telekomunikasi dan teknologi lunak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar