Senin, 22 Februari 2010

Educational Technology kearah Instructional Technology

Teknologi instruksional adalah satu bagian dari teknologi pendidikan dengan asumsi sebagai akibat dari konsep instruksional sebagai bagian pendidikan yang bersifat rumit dan terpadu. Teknologi instruksional teori dan praktek dalam mendesain, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola, dan menilai proses-proses maupun sumber-sumber belajar.
Konsep Teknologi instruksional
Menurut para pakar, teknologi instruksional dianggap lebih tepat dalam menjabarkan peran teknologi, dan mencakup jenjang pendidikan dari TK sampai SMU, bahkan perguruan tunggi dan termasuk didalamnya situasi belajar pada program pelatihan.
Konsep dasar teknologi pendidikan dan teknologi instruksional dari beberapa nara sumber
Michael Molenda
Merumuskan teknologi instruksional sebagai seni sekaligus ilmu pengetahuan mengenai kegiatan merancang, memproduksi dan melaksanakannya dengan cara ekonomis namun canggih.
Robert M Gagne
Teknologi instruksional menyangkut teknik praktis dari penyampaian instruksional yang melibatkan penggunaan media. Tujuan utama Teknologi instruksional adalah meningkatkan dan memperkenalkan penerapan pengetahuan dan memvalidasi prosedur dalam rancangan dan penyampaian instruksional
Garry J Anglin
Teknologi instruksional adalah penerapan sistemik dan sistematis dari strategi-strategi dan teknik-teknik yang berasal dari ilmu perilaku serta ilmu lain untuk mengatasi masalah instruksional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar